Welcome to The Future: Technology for Optimalization Smart Warehouse

Fundamental Warehouse Management System

    Smart Warehouse. Salah satu hal krusial dalam menjalankan operasional bisnis perusahaan adalah menciptakan sistem logistik yang rapi dan terintegrasi. Namun untuk mencapai goals tersebut tantangan yang dihadapi oleh perusahaan sangatlah banyak. Beberapa permasalahan yang timbul dalam pengelolaan gudang antara lain: pada bagian pendataan sistem distribusi barang, umumnya proses pendataan barang keluar masuk tergantung entry dari operator data, sering terjadinya salah pencatatan barang. Di bagian pemrosesan pesanan, waktu yang dibutuhkan untuk mendeteksi lokasi dan pengambilan barang sangatlah lama, selain itu juga sering terjadi salah mengambil barang pesanan, dan sebagainya. Bagian pengendalian barang masih dilakukan checking secara manual dengan cara membandingkan database, dan sebagainya

    Salah satu upaya untuk meminimalisir terjadinya permasalahan diatas, beberapa perusahaan telah beralih dengan mulai mendigitalisasi pengelolaan gudangnya dengan memanfaatkan Artificial intellegence, Big data, Internet of Things.  Kedepannya inovasi teknologi yang digunakan akan melahirkan sebuah konsep "smart warehouse" untuk menciptakan pengelolaan rantai distibusi yang lebih efisien.

    Smart warehouse merupakan upaya untuk menciptakan gudang yang lebih efisien mulai dari proses pengiriman hingga proses pembukuan dengan cara meningkatkan otomatisasi dan menekan pada paperless. Berikut ini teknologi yang mulai dikembangkan untuk menyongsong konsep warehouse . Simak penjelasan berikut!

Teknologi RFID

Teknologi RFID

RFID merupakan singkatan dari Radio Frequency Identification. Teknologi RFID ini merupakan teknologi yang dipergunakan untuk pengidentifkasian objek dan pengkontrolan dari sebuah kegiatan.

Teknologi RFID ini akan melakukan pengidentifikasian objek secara otomatis menggunakan basis data yang dikirimkan melalui gelombang radio. Teknologi RFID ini mampu melakukan identifikasi objek secara serentak (simultan) tanpa membutuhkan kontak langsung.

Dalam mengolah data, RFID membutuhkan sensor frekuensi radio. Sensor ini terdiri dari dua bagian penting yaitu transceiver (reader) dan transponder (tag). Setiap tag akan menyimpan data yang berbeda-beda dan unik. Data tag tersebut yang nantinya digunakan sebagai identitas dari sebuah objek. Selanjutnya reader akan membaca data yang terdapat pada tag melalui frekuensi radio Pada bagian reader ini juga akan dihubungkan dengan perangkat mikrokontroler agar data yang telah dibaca dapat diolah.


Pemanfaatan teknologi RFID dalam pengelolaan gudang antara lain: memberikan identitas dan kategori pada setiap barang yang masuk maupun keluar, akan memudahkan dalam proses pemantauan keluar masuknya barang, data barang yang masuk maupun keluar akan terupdate secara otomatis dengan tingkat akurasi yang tinggi, serta memudahkan perusahaan dalam tracking posisi barang.



warehouse management system

Teknologi Sistem Managemen Gudang

Alat bantu management gudang atau kerap dikenal dengan warehouse management system merupakan sistem perangkat lunak yang komprehensif untuk membantu perusahaan dalam mengelola semua data agar terintegrasi satu sama lain dalam satu platform.

Warehouse management system merupakan salah satu modul yang terdapat pada Enterprise Resource Planning (ERP). Salah satu provider ERP yang menawarkan modul inventory management adalah Odoo.

Tujuan utama penggunaan teknoogi warehouse management adalah untuk memudahkan dalam pengkontrolan seluruh aktivitas yang terdapat didalam gudang secara terintegrasi mulai dari proses penerimaan, penempatan, penyimpanan, pemrosesan orderan, crosdocking, penyusunan hingga pengiriman.

Pada sistem warehouse management akan tersedia beberapa fitur antara lain:  desain gudang, pelacakan inventaris, pengambilan dan pembatalan inventaris, pengiriman, managemen tenaga kerja, dan sebagainya.

Dengan teknologi ini, perusahaan akan dimudahkan dalam memperoleh data mulai dari data barang yang masuk maupun keluar, dokumen terkait barang, jumlah stok yang tersedia, dan masih banyak lagi.

Odoo sebagai salah provider penyedia teknologi ERP memberikan kemudahan untuk perusahaan untuk melakukan customisasi perangkat lunak maupun modul yang dibutuhkan oleh perusahaan. 

kendaraan berpemandu otomatis (AGV)

Teknologi Kendaraan Berpemandu Otomatis (AGV)

AGV merupakan akronim dari Automatic Guided Vehicle. AGV adalah teknologi yang membantu memindahkan barang dengan satu titik ke titik lain. Tujuan akhir perpindahan barang dapat berupa staisun produksi atau stasiun penyimpanan produk.

Berdasarkan alat navigasinya, teknologi ini dapat dikelompokkan menjadi 4 yaitu:

1. Tipe Rail (alat navigasinya adalah rel yang dipasang disepanjang jalur yang akan dilewati AGV)

2. Tipe Wired (alat navigasinya yaitu berupa kabel yang ditanam dilantai. Kemudian AGV akan dibekali dengan sensor yang dapat mendeteksi medan eketromagnet dari kabel tersebut)

3. Tipe Line Tape (alat navigasinya menggunakan perbedaan visual warna lantai)

4. Tipe Laser (alat navigasinya berupa laser transmitter yang terdapat pada AGV dan sejumlah laser reflector yang terdapat pada titik tertentu. Pantulan dari laser reflector akan membantu AGV dalam memetakan kondisi gudang.


AGV ini juga dilengkapi sistem keamanan, sehingga apabila didepan AGV terdapat benda atau manusia maka AGV akan secara otomatis memberhentikan lajunya.

sistem penyimpanan dan pengambilan otomatis (AS/RS)

Sistem Penyimpanan dan Pengambilan Otomatis (AS/RS)

AS/RS merupakan singkatan dari automated storage & retrieval system. AS/RS merupakan sistem yang digunakan untuk menyimpan atau mengambil barang pada rak bersusun sesuai dengan titik koordinat yang disimpan di database secara otomatis. 

Teknologi AS/RS ini terdiri dari 4 komponen yaitu struktur penyimpanan, alat pengambil dan penyimpan, modul penyimpanan, dan stasiun pengangkut/penyimpanan. Pada bagian alat pengambil dan penyimpan terdapat motor listrik yang berfungsi menggerakan alat secara translasi ke sumbu X, Y dan Z.

Dengan teknologi ini pergerakan barang akan lebih efisien sehingga tingkat kerusakan barang dan tingkat kecelakaan kerja dapat diminimalisir, memaksimalkan storage penyimpanan didalam gudang, dapat meningkatkan produktivitas dan akurasi, penghematan biaya, waktu dan tenaga.

50,000+ companies run Odoo to grow their businesses.

Join us and make your company a better place.