Pentingnya Nilai Persediaan Barang Dalam Pengelolaan Gudang

Fundamental Warehouse Management 4

Nilai Persediaan Barang Akan Mempengaruhi Laporan Keuangan Perusahaan

    Seperti kita ketahui, aset dari sebuah entitas perusahaan dapat dikategorikan menjadi 3 yaitu fixed assets, intangible fixed assets dan current assets. Salah satu unsur aset lancar pada perusahaan dagang yang sangat berpengaruh pada laporan keuangan adalah persediaan barang. Hal ini dikarenakan kegiatan utama dalam perusahaan dagang adalah membeli dan menjual barang dagangan. Sehingga penghasilan utamanya diperoleh dengan menjual barang dagangan.
    Perputaran persediaan juga akan sangat berpengaruh pada besarnya modal kerja yang harus dikeluarkan oleh perusahaan yaitu apabila jumlah persediaan yang dijual dan diganti  semakin banyak, maka akan menperkecil modal yang dikeluarkan.
    Nilai Persediaan barang juga akan mempengaruhi terhadap kualitas laporan keuangan perusahaan. Semakin tinggi nilai persediaan maka diasumsikan akan semakin meningkatkan laba perusahaan. Begitupun sebaliknya semakin rendah nilai persediaan maka akan menurunkan laba. Sehingga persediaan harus dicatat dengan metode yang baik agar laporan keuangan yang dihasilkan dapat merepresentasikan kondisi keuangan perusahaan yang sebenarnya.

Sebenarnya Apakah Yang Dimaksud Dengan Persediaan Barang? Mari Kita Ulas!

Persediaan merupakan barang dagangan yang dibeli untuk kemudian disimpan dan selanjutnya dijual kembali dalam operasi bisnis perusahaan. Secara konsep, persediaan barang dapat dirumuskan yaitu:

2 Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Persediaan Barang

1. Kuantitas Persediaan. Kuantitas persediaan dapat diketahui dari perhitungan fisik maupun dari inventarisasi pada kartu stok persediaan.
2. Harga Pokok Persediaan. Harga pokok persediaan dapat diketahui dari perhitungan berdasarkan metode penilaian persediaan

    Setelah memahami konsep nilai persediaan dan pengaruhnya terhadap kualitas laporan keuangan perusahaan. Selanjutnya akan diulas terkait metode yang digunakan dalam penilaian persediaan.Ada 3 metode yang digunakan dalam menilai persediaan yaitu First in First Out (FIFO), Last in First Out (LIFO), dan Metode Average Cost. Untuk Penjelasan setiap metode silahkan klik disini. Terima kasih

This placeholder prevents its parent from disappearing when emptied

Latest Posts