Modul ERP System Akan Membantu Perusahaan Anda Dalam Menjalankan Fungsi-Fungsi Dasar Dari Setiap Departemen Untuk Mengoptimalkan Bisnis Perusahaan. Simak Ulasan Singkat Modul ERP Dan Penjelasannya!

Setiap Provider ERP Software Memiliki USP Dan Memiliki Modul Dasar ERP System. Setelah mengenal tentang pengertian ERP system dan keuntungan penerapan ERP bagi bisnis perusahaan. Saatnya mengenal modul-modul dasar yang yang terdapat di dalam ERP System. Tak dipungkiri provider penyedia ERP software sangat banyak, mulai dari Odoo, Dolibarr, SAP, dan sebagainya. Llayanan yang ditawarkan oleh setiap provider memang tidak selalu sama persis, tiap provider penyedia ERP software memiliki unique selling point  (USP) yang beda-beda.  USP ini digunakan oleh setiap provider sebagai kunci agar layanan mereka menjadi top service dimata customer. Namun umumnya setiap provider menyediakan modul dasar untuk memenuhi fungsi dasar kebutuhan beberapa jenis perusahaan.  


Dalam artikel ini, Anda akan diberi gambaran terkait ulasan singkat modul dasar dalam ERP system. Tentunya ini sangat bermanfaat sebagai bekal pengetahuan sebelum perusahaan Anda ingin bertransformasi digitalisasi sistem dan memilih modul ERP yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Accounting Management

Accounting Management

Managemen keuangan merupakan modul ERP yang krusial dalam setiap perusahaan. Hampir semua perusahaan membutuhkan adanya managemen keuangan. Hal ini dikarenakan banyaknya proses perputaran modal, asset, kas, utang-piutang dan berbagai transaksi lainnya.

Dalam modul Accounting Management, tersedia berbagai fitur yang membantu perusahaan dalam mengelola segala transaksi perusahaan. Fitur tersebut antara lain: managemen tagihan, managemen pajak, managemen faktur, manajemen aset, managemen budgeting atau perencanaan anggaran, managemen mata uang, serta pembuatan laporan analitik dari sebuah perusahaan.

Warehouseman

Inventory Management/ warehouse Management

Inventory management/ warehouse management merupakan salah satu modul dasar ERP yang berfokus dalam pengelolaan gudang. Oleh sebab itu, modul ini juga bisa disebut dengan managemen gudang. 

Setiap perusahaan pastinya memiliki asset baik itu fisik ataupun non fisik. salah satu bentuk dari aset adalah stok barang. Sering kali, kita menemui perusahaan memiliki beberapa warehouse yang letaknya berbeda-beda untuk menyimpan stok barangnya. Padahal perusahaan harus selalu mengetahui jumlah ketersediaan stok barang untuk memperkirakan pembelian barang selanjutnya.

Untuk memenuhi kebutuhan perusahaan. Modul ini dirancang dengan berbagai fitur yang sangat bermanfaat pastinya untuk membantu managemen gudang. fitur tersebut antara lain: audit inventaris, prakiraan inventaris, managemen supplier, pengambilan dan pengemasan barang serta fitur tracking order. Jadi nantinya setiap barang akan diberi serial number yang digunakan untuk mengecek status barang mulai dari ketersediannya serta alur pergerakan barang mulai dari barang masuk, berpindah dan bahkan keluar dari gudang.

Manufacturing Management

Manufacturing Management

Proses operasional produksi dalam perusahaan manufaktur sangatlah kompeks dan melibatkan berbagai pihak. Oleh sebab itu, modul manufacturing management ini dirancang untuk menyederhanakan setiap proses produksi.

Dengan modul ini, perusahaan manufaktur akan lebih mudah dalam menjalankan beberapa fungsi antara lain: perencanaan produksi, penjadwalan penggunaan mesin, penggunaan bahan mentah, pengaturan rute produksi, pemantauan jumlah bahan baku atau bahan jadi, merancang anggaran produksi serta membantu dalam melacak, memprediksi dan membuat laporan produksi perusahaan.

Modul Purchaising

Modul Purchaising/ Modul Pembelian

Modul purchaising atau modul pembelian merupakan modul ERP software yang berfokus menangani segala pembelian bahan baku dan barang yang dipelukan oleh perusahaan.

Modul ini akan mengolah data dan dokumen perusahaan yang terkait dengan kegiatan pembelian mulai dari data supplier, jumlah permintaan, analisis penawaran, pembaruan stok, purchase order, dan sebagainya. Melalui data yang disajikan oleh ERP system, pembelian perusahaan lebih terencana dan dapat disesuaikan dengan permintaan konsumen.

Proses Interview Dengan Human Resource Development

Modul Human Resource Management (HRM)

Modul Human Resource Management (HRM) merupakan modul yang memiliki scope untuk membantu  mengelola sumber daya manusia dalam sebuah perusahaan agar lebih efisien. Semua data yang berkaitan dengan karyawan mulai dari proses rekruitmen hingga data pegawai dalam setiap divisi dalam perusahaaan akan dikelola dalam modul ini.

Data yang dikelola dalam modul ini antara lain: data pribadi karyawan, deskripsi pekerjaan, pelacakan jam kerja dan tingkat kehadiran karyawan, pengelolaan pajak karyawan, penilaian kinerja karyawan, dan sebagainya. Dalam modul ini juga terdapat sub-modul yang berperan dalam mengelola penggajian serta tunjangan karyawan.

Supply Chain Management

Supply Chain Management (SCM)

Dalam proses pendistribusian produk atau barang dari supplier ke tangan customer berbagai pihak turut andil berperan dalam menyukseskan proses tersebut. Pihak tersebut antara lain: supplier, manufacturer, distributor, stockist dan retail.
Oleh sebab itu, modul Supply chain management disusun untuk memberikan visibilitas perusahaan dalam untuk melakukan pendistribusian hingga ke rantai pasokan.

Dalam modul ini akan tersedia berbagai fitur antara lain: fitur managemen inventaris, managemen pengadaan, managemen pesanan, managemen logistik, managemen pengiriman barang, managemen perencanaan dan prakiraan, managemen pemasok serta managemen pengembalian barang.