7+ Potret Jenis Industri Yang Bisa Menggunakan ERP System

Odoo Software ERP Terdepan Yang Cocok Untuk Semua Lini Bisnis Perusahaan

Odoo adalah ERP Sistem Yang Dapat Dicustom Sesuai Kebutuhan Industri Anda. Berikut 7+ Potret Jenis Industri Yang Telah Mengimplementasikan ERP Sistem Dalam Roda Bisnisnya. Simak Penjelasan Berikut !

Tak hanya Start-up, Perusahaan Juga Perlu Scale-up.

Scale-up Bisnis, Impian Semua Perusahaan.  Mengembangkan bisnis hingga menjadi garda terdepan merupakan impian semua pelaku bisnis baik dari start-up hingga perusahaan. Dalam menghadapi perubahan yang cepat akibat revolusi industri 4.0, perusahaan dituntut terus adaptif dan berinovasi agar bisnisnya bisa scale-up. Jika tidak adaptif dengan perubahan, bukan tidak mungkin perusahaan akan gulung tikar dalam menghadapi sengitnya persaingan dagang.

Tantangan Perusahaan sebelum Scale-up. Alih-alih ingin melebarkan skala perusahaan, justru roda bisnis perusahaan bisa malah meredup. Hal ini dikarenakan sebelum melakukan ekspansi ke skala yang lebih besar, kerap kali perusahaan melupakan tentang sistem perusahaan yang baik untuk mengelola, mengontrol, serta memastikan kegiatan operasional perusahaan mulai dari produksi hingga distribusi produk.

Pentingnya Implementasi ERP Untuk Digitalisasi Sistem Perusahaan Agar Lebih Mudah. ERP system merupakan inovasi teknologi sebagai alat bantu management perusahaan. Jenis ERP system yang beredar dipasaran sangat banyak sekali. Odoo adalah salah satu jenis ERP System yang terdepan menjadi solusi permasalahan management perusahaan. Semua aktivitas perusahaan mulai dari perencanaan hingga proses setelah penjualan dapat terlaporkan dalam satu sistem yang terintegrasi dengan berbagai departemen.  Tentunya, dengan adanya Odoo, sistem dalam perusahaan dapat dengan mudah dimonitoring. Odoo siap menjadi mitra yang akan meroketkan skala perusahaan Anda.

Berikut Ini Contoh Potret Jenis Industri yang Telah Menerapkan ERP Sistem Untuk Optimalisasi Bisnisnya. 

Odoo - Sample 1 for three columns

Perusahaan Manufaktur

Manufaktur merupakan perusahaan yang memiliki proses bisnis mengolah bahan mentah menjadi bahan setengah jadi atau bahan jadi. Salah satu contoh perusahaan manufaktur adalah sektor industri tekstil.

Proses bisnis yang terjadi dalam industri tekstil antara lain: pembelian bahan mentah dari supplier, management stok gudang, management produksi,management maintenance, management quality control, management lifecycle product.

Berdasarkan analisis proses bisnis, modul ERP yang dapat digunakan antara lain: modul purchase, modul inventory, modul manufacturing resource planning (MRP), modul maintenance, modul quality dan modul product lifecycle management (PLM).

Odoo - Sample 2 for three columns

Perusahaan Jasa

Perusahaan jasa adalah jenis perusahaan yang proses bisnisnya menawarkan layanan kepada calon customernya. Salah satu contoh dari perusahaan jasa adalah perusahaan yang bergerak dalam suplai listrik (pembangkit listrik). Kegiatan operasional dalam perusahaan jenis ini, antara lain: melakukan pendistribusian tenaga listrik ke berbagai wilayah unit, membangun jaringan distribusi, pelayanan  langganan, melaporkan setiap kegiatan melalui laporan pertanggung jawaban, dan sebagainya.

Modul ERP system yang dapat digunakan meliputi managemen keuangan, managemen sumber daya manusia, dan management material.

Odoo - Sample 3 for three columns

Rumah Sakit

Rumah sakit merupakan salah satu industri yang memiiki kegiatan operasional yang begitu kompleks. Adapun contoh kegiatan operasional yang terdapat di rumah sakit antara lain: rekam medis pasien, pendataan pasien yang masuk dan keluar, kegiatan administratif, penjadwalan praktik dokter, inventarisasi jenis dan stok obat, penjadwalan janji temu, managemen klaim asuransi, dan sebagianya.

Berdasarakan analisis kegiatan operasional rumah sakit, modul ERP yang dapat digunakan antara lain: modul human resource management (HRM), modul inventory baik medis dan non medis, modul customer relationship management (CRM), modul finance, modul pemasaran, modul farmasi, modul rekam medis.

Odoo - Sample 1 for three columns

Perusahaan Konstruksi

Industri konstruksi menjadi salah satu industri yang dapat menerapkan sistem ERP dalam operasional bisnisnya. Berbagai kegiatan operasional dalam industri konstruksi yang dapat terbantu dengan adanya ERP System antara lain pendelegasian tugas kepada pegawai, membuat dan melakukan update Bill of Quantity (BoQ)  baik untuk produk, material peralatan, atau pun jasa, mengelola permintaan material, melakukan inventarisasi terhadap transaksi pembelian  dan pengeluaran, dan sebagainya.

Berdasarkan analisis operasional bisnis, modul ERP yang dapat digunakan antara lain modul customer relationship management (CRM), modul inventory terkait material, modul accounting, modul project dan contract management.

Odoo - Sample 2 for three columns

Perusahaan Property Development

Industri property development merupakan salah satu industri yang dapat mengimplementasikan ERP dalam setiap proses bisnisnya mulai dari mengecek ketersediaan property, mengatur komisi untuk agen, melacak dan mengelola prospek, melakukan inventory terkait pendataan barang, mengelola dan mendata kontrak sewa property, management penagihan, management fasilitas property, dan sebagainya. Tentunya proses bisnis yang kompleks.

Berdasarkan kegiatan operasional yang berjalan, modul ERP yang dapat digunakan antara lain: modul invetory property, sewa kontrak, fasilitas, management accounting, management customer relationship management (CRM).

Odoo - Sample 3 for three columns

Industri Makanan dan Minuman

Industri makanan dan minuman merupakan sektor industri yang paling menjamur di Indonesia. Jenis pada industri ini juga beragam, mulai dari skala kecil hingga besar. Salah satu model bisnis yang terjadi diindustri ini adalah sistem waralaba.

Industri makanan dan minuman yang menggunakan model bisnis waralaba akan melibatkan banyak sekali pihak antara lain customer, pihak internal, supplier, dan orang yang berkaitan dengan sistem.

Kegiatan operasional dari sistem waralaba ini juga sangat kompleks mulai dari management pengolahan bahan baku. memproses permintaan customer, hingga proses pembuatan laporan keuangan.

Untuk modul yang dapat digunakan antara ain modul management inventory, modul customer relationship management (CRM), modul accounting, dan modul human resource deveopment (HRM).

Odoo - Sample 1 for three columns

Industri Ritel

Industri ritel merupakan jenis industri yang berperan dalam pendistribusian produk dan jasa dari produsen ke konsumen. Dalam proses bisnisnya, industri ritel tidak mengubah bentuk atau fungsi dari produk. Di dalam industri ritel, pengaturan informasi antara produsen dan konsumen sangat diperlukan. Sistem ERP yang digunakan harus mampu mengakomodir keperluan industri ritel antara lain: mengakomodasi penjualan maupun pembelian secara online, melakukan inventory terhadap ketersediaan produk, mengelola keuangan perusahaan.

Berdasarkan analisis kegiatan operasional perusahaan, maka industri ritel dapat menggunakan berbagai modul ERP antara lain: modul customer relationship managemen (CRM), modul accounting, modul inventory. 

barangOdoo - Sample 2 for three columns

Pemerintahan

Tak hanya industri saja yang dapat menggunakan ERP Sistem, ternyata lembaga pemerintahan juga dapat menerapkan ERP system untuk membentuk kesinergisan antar lembaga. Sebagai contoh yaitu Badan Keamanan Laut (Bakamla). Dalam tugasnya mengawasi dan mengamankan laut, Bakamla perlu berkoordinasi dengan berbagai lembaga untuk menginventori resource masing-masing lembaga, melakukan penjadwalan patroli kapal, mengelola kebutuhan biaya operasional dan bahan bakar untuk patroli.

Berdasarkan kegiatan opersional dari Bakamla, modul ERP yang dibutuhkan antara lain: modul inventory kapal, modul human resource management (HRM), modul accounting.

Odoo - Sample 2 for three columns

Industri Logistik dan Transportasi

Industri logistik dan transportasi merupakan jenis industri yang bergerak pada pelayanan distribusi barang ke pelanggan atau gudang tertentu. 

Dalam industri ini, kegiatan operasional yang terjadi antara lain: management kendaraan, managemen inventaris barang, management pengkontrolan keamanan barang, management produksi dan pengemasan, management pengiriman barang, management pergudangan, management material.

Dari kegiatan operasional yang dimiliki, modul ERP yang dibutuhkan antara lain: modul management inventory kendaraan maupun barang, modul management customer relationship management (CRM), modul accounting management, modul management gudang.

Modul Odoo Akan Menyesuaiakan Kebutuhan Perusahaan Anda. Kami yakin, setiap industri mapun lembaga memiliki proses bisnis yang berbeda-beda. Oleh sebab itu penjabaran diatas hanya sebagai refrensi. Kami yakin untuk menentukan modul yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan, perlu diadakan konsultasi terlebih dahulu hingga akhirnya bisa menetapkan modul Odoo yang tepat. Odoo sangat fleksibel, hal ini karena Odoo dapat di terdapat berbagai paket aplikasi dan multi modul yang dapat dicustom sesuai kebutuhan Perusahaan Anda.

Kreasi Alam Teknologi Siap Menjadi Partner Yang Membantu Anda Dalam Digitalisasi Sistem Perusahaan.  Kreasi Alam Teknologi merupakan perusahaan yang menawarkan layanan dan produk IT yang akan membantu mengefisiensikan proses bisnis perusahaan. Salah satu layanannya adalah layanan implementasi ERP Odoo. Kreasi Alam Teknologi akan membantu Perusahaan Anda mulai dari konsultasi terkait kebutuhan perusahaan, merumuskan modul ERP yang tepat, hingga proses implementasi ERP Odoo. Terima Kasih

Untuk info terkait layanan dan produk yang ditawarkan oleh Kreasi Alam Teknologi dapat Klik disini

This placeholder prevents its parent from disappearing when emptied

Latest Posts